Admin
Wa’alaikumssalam wr. Wb…
Terimakasih atas saran, masukan, laporan dan pertanyaan yang beberapakali panjenengan sampaikan melalui aplikasi matur Bupati.
Kami mengapresiasi perhatian dan kepedulian Saudara Gulham terhadap penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Purbalingga
Terkait dengan pertanyaan saudara dapat kami jelaskan sebagai berikut :
- Sebagai pengertian Smart city bukan suatu aplikasi akan tetapi merupakan wilayah kota yang telah menintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari – hari dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaikai pelayanan public dan meninkatkan kesejahteraan rakyat. Pemerintah Kabupaten Purbalingga pada saat ini secara bertahap sedang melaksanakan program tersebut.
- Adapun kendala implementasi Smart city yang sedang dibangun adalah :
- Ketersediaan infrastruktur penunjang yang belum memadai
- Kesiapan sumber daya manusia, dalam hal ini secara bertahap sedang dilaksanakan pelatihan dan bintek terkait pemanfaatan aplikasi – aplikasi yang ada guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat dan ini sebagai bagian proses pemerintah dalam menuju smart city
- Kesiapan masyarakat sendiri dalam memanfaatkan teknologi digital, sehingga dalam hal ini pemerintah secara bertahap melakukan sosialisasi mengenai pemanfaatn teknologi digital tsb.
- Dari sisi pemanfaatan teknologi informasi untuk mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Pemerintah Kabupaten Purbalingga sudah menerapkan beberapa aplikasi untuk perencanaan, penganggaran, pelaporan, pengadaan barang dan lainnya. Untuk memaksimalkan pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Purbalingga sudah menerapkan teknologi informasi di bidang administrasi kependudukan, pendaftaran rumah sakit, pelayanan administrasi di tingkat Desa.
- Pemanfaatan aplikasi pengaduan masyarakat melalui aplikasi matur Bupati ini juga merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarkata serta upaya untuk mendapatkan masukan atas persoalan yang dihadapi oleh warganya untuk perbaikan pelayanan kedepannya.
Mekaten penjelasan atas pertanyaan penjenengan.
Saran dan masukan berikutnya dari panjenengan sangat kami nantikan.
Salam sukses,,,,
Maturnuwun
Kamis, 09 Jan 2020 09:52:14 WIB