GAMBAR LAPORAN

...

Minggu, 06 Jun 2021 03:11:25 WIB

Nomor Laporan : SEB38N7R
Status Laporan : Selesai
Jenis Laporan : PUBLIC
Tipe : Infrastruktur
Sektor : Pelayanan Rumah Sakit
Lokasi : Tidak ada lokasi
Laporan : Pelayanan di rsud panti nugroho buruk, mohon di perbaiki lagi, pemberian takaran obat salah, label obat tidak sesuai dengan nama pasien,

KOMENTAR


Admin RSUD Panti Nugroho
Terima kasih utk masukan pelayanan kami, kami mohon maaf untuk kejadian ini.
Kami langsung telusuri ke pemberi pelayanan utk minta kronologis, agar bisa kami lakukan evaluasi dan monitoring utk ke depannya.
Adapun penjelasan dari Kepala Instalasi adalah sebagai berikut:

Kronologis Kejadian : Pasien a/n Ghibran Afkar Nugroho masuk rawat inap tanggal 3 Juni 2021, diresepkan obat paracetamol drop 3x0,8 cc dan zink syrup 1x2 sdt. Di farmasi, waktu mengentry menggunakan nama (bukan nomor RM), begitu mengetik Ghibran muncul nama Ghibran arfan alhusayn ( Ghibran Arfan adalah pasien tanggal 5 Mei 2021 tetapi belum dihapus oleh pendaftaran, sehingga masih muncul di SIM RS). Sehingga label yang diprint adalah a/n Ghibran Arfan Alhusayn (bukan Gibran Afkar Nugroho). Tetapi untuk obatnya sudah benar (nama di label obatnya yang salah). Dosis 1 sdt zink setara dengan 10 mg. Untuk bayi lebih dari 6 bulan, dosisnya 20 mg (2 sdt). Pasien pulang hari Jum'at siang, Jumat malam sekitar pukul 21.00 telfon ke IGD RS, kemudian disambungkan ke Instalasi Farmasi. Petugas Farmasi melakukan crosscek ulang kemudian menjelaskan adanya kesalahan pemasangan label obat tetapi untuk obatnya sudah benar.

Demikian penjelasan dari kami, ke depan kami berkomitmen untuk pelayanan yang safety dan lebih baik.

Senin, 07 Jun 2021 06:12:45 WIB