Detail Aduan

First slide
Lampiran Foto Aduan
Lampiran foto terkait aduan Parkir Owabong: Tarif Mahal Tak Terkelola, Usulan Solusi untuk Wisata Skala Provinsi
Data Aduan
Nomor Aduan : 1VBWLA65
Tanggal Aduan : Rabu, 04 Jun 2025 05:42:42 WIB
Judul Aduan : Parkir Owabong: Tarif Mahal Tak Terkelola, Usulan Solusi untuk Wisata Skala Provinsi
Isi Aduan : Kenapa parkir kendaraan mobil di sekitar area wisata Owabong itu sampai 15rb (dikasih keterangan)
Sdgkn ditempat wisata lain sj itu maksimal 10rb karena itu masuk uang pribadi pemilik lahan. Bukan masuk ke Pemkab. Pd saat kunjungan wisata kemarin tidak ada perubahan struktur bangunan pos parkir resmi dr 5 thn yg lalu berkunjung.
Pada saat mau masuk tidak ada petugas yg memberi tahu kalau parkir penuh.. (Hanya dikasih palang yg semua orang bs naruh/bs juga dr jukir jukir non resmi diluaran yg masang palang tiang itu)
Harusnya bisa lebih tertata, profesional dan bs dikasih solutif yg bagus.
Krn owabong sdh mnjd tmpt wisata skla Provinsi.
Usulan sy
1. Apabl parkir penuh = disediakan petugas parkir/security yg menunjukkan bwh parkir penuh silakan parkir disekitaran tmpt wsta. (Antisipasi yg sbnry tdk penuh parkiran tp ditaruhlah tiang menutup pintu masuk. (Kalau org awam ga tau krn ga ada petunjuk tulisan parkir penuh dsbg)
2. Pos pungutan parkir diperbarui
3 gerbang depan diarea pungutan parkir bs dibangun utk menunjukkan lokawisita owabong.
4. Apabila parkir penuh bs diparkir skitaran dgn dikasih karcis tiket resmi yg bs jg dikenai pajak buat daerah. (Bekerjasama dgn pemkab)
5. Ukuran tarif mobil 15rb terlalu mahal dibandingkan kalau kita bs parkir didalam tidak sampai 10 rb.
Status Aduan : Selesai
Jenis Aduan : PUBLIK
Aduan Infrastruktur ? : Tidak
OPD Terkait : DINPORAPAR
Sektor : SEKTOR LAIN
Lokasi : Jl. Raya Owabong No.1, Dusun 2, Bojongsari, Kec. Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53362, Indonesia
Lihat di Google Maps
Diskusi & Tindak Lanjut
Admin Dinporapar

Terimaksih atas saran dan masukannya.

Kami selaku Dinporapar Kabupaten Purbalingga sudah melakukan koordinasi dengan pengelola Owabong. Pengelola Owabong menyampaikan bahwa telah berkoordinasi dengan warga sekitar terkait warga yang mempunyai lahan untuk digunakan sebagai lahan parkir pengunjung Owabong.

Management Owabong selalu memberikan sosialisasi terkait tarif parkir yang ada di Owabong untuk jangan sampai membuat kecewa pengunjung yang datang.

Selain itu, pada titik lokasi sudah dipasang pelakat informasi terkait tarif parkir yang ada di warga sekitar dan juga sudah memberikan seragam parkir yang diluar dari pengelolaan Owabong.
 
Kedepan pihak Owabong memang sudah merencanakan terkait perluasan lahan parkir yang ada di Owabong, serta dari management Owabong memohon maaf atas ketidaknyamanan layanan parkiran yang berada di lingkungan diluar pengelolaan Owabong.


Kamis, 05 Juni 2025 13:25 WIB