Detail Aduan

First slide
Lampiran Foto Aduan
Lampiran foto terkait aduan Kendala Tes PTS Anak di SMPN 2 Bukateja Akibat Tunggakan LKS
Tidak ada lampiran foto aduan
Data Aduan
Kode Aduan : HT1KBSJZ
Tanggal Aduan : Sabtu, 20 Sep 2025 17:50:06 WIB
Judul Aduan : Kendala Tes PTS Anak di SMPN 2 Bukateja Akibat Tunggakan LKS
Isi Aduan : Anak saya sekolah di SMP N 2 BUKATEJA BEsok senen mau tes tengah semester 1 tdk d ksh krtu tes kmungkinan tdk bisa mngikuti tes di karenakan blm membayar LKS semester 1 sama sekali.
Status Aduan : Selesai
Jenis Aduan : PUBLIK
Aduan Infrastruktur ? : Tidak
Instansi / OPD Terkait : DINDIKBUD
Sektor : PENDIDIKAN
Lokasi : Tidak ada lokasi
Diskusi & Tindak Lanjut
Admin Dindikbud

Menanggapi aduan masyarakat  perihal Kendala Tes PTS Anak SMPN 2 Bukateja, kami sampaikan hal-hal sebagai berikut.




  1. Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi  atas masukan warga masyarakat terhadap kegiatan sekolah.

  2. Sehubungan kegiatan PTS/ASTS bahwa kegiatan tersebut sesuai dengan program kegiatan sekolah bidang kurikulum SMP Negeri 2 Bukateja.  Salah satu kegiatan kurikulum Adalah penyelenggaraan Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS)  gasal tahun ajaran 2025/ 2026 selama sepekan mulai hari Senin tanggal 22 September sampai dengan hari Sabtu tanggal 27 September 2025. Keikutsertaan dalam ASTS tersebut merupakan  hak setiap murid kelas 7, 8, dan 9 sejumlah 773 orang untuk mengukur perkembangan hasil belajar ranah kognitif pada pertengahan semester.

  3. Terkait tentang kartu ASTS, untuk kelancaran dan ketertiban pelaksanaan ASTS pihak panitia ASTS gasal mengatur hal- hal sebagai berikut;




  1. Pendistribusian kartu pada hari Sabtu tanggal 20 September 2025 melalui wali kelas masing- masing tanpa persyaratan apapun,

  2. Wali kelas dapat  memberikan kartu paling lambat Senin pagi tanggal 22 September 2025 sebelum ASTS hari pertama dimulai, apabila masih ada kartu yang belum terdistribusikan pada hari Sabtu,

  3. Tiap peserta ASTS harus menunjukkan kartu kepada pengawas ruang untuk diparaf sebagai bukti mengikuti ASTS,

  4.  Setiap pagi hari sebelum mengikuti ASTS, peserta wajib meminta  surat ijin mengikuti ASTS kepada panitia apabila peserta datang terlambat/ kartu rusak/kartu ketinggalan/ kartu hilang.




  1. Pada hari Sabtu 20 September 2025 ada beberapa kartu ASTS yang tidak terdistribusikan kepada siswa karena ada beberapa siswa tidak hadir ke sekolah atau wali kelas ada kegiatan dinas luar. Kemudian kartu ASTS yang belum dibagi tersebut diberikan kepada murid yang bersangkutan pada Senin pagi tanggal 22 September 2025 oleh wali kelas masing- masing. Sehingga, alasan kartu ASTS tidak dibagi buka karena belum membayar LKS/buku. Selain itu berdasarkan rekap absensi pada  hari pertama pelaksanaan ASTS Senin tanggal 22 September 2025, peserta ASTS yang hadir mengikuti ASTS sebanyak 771 orang dari keseluruhan 773 orang murid. Ada 2 murid tidak hadir mengikuti  ASTS dengan keterangan alasan sedang sakit,  1 murid kelas 7 dan 1 murid kelas 9. Kesimpulannya semua siswa ikut ASTS pada hari pertama kecuali siswa yang sakit.

  2. Kami mengajak masyarakat khususnya orang tua siswa/masyarakat untuk membangun komunikasi  langsung kepada sekolah jika ada informasi/hal yang memerlukan penjelasan.  Dengan komunikasi yang baik persoalan akan bisa diselesaikan. Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga menambah pemahaman dan menghindarkan dari kesalahpahaman.



Rabu, 24 September 2025 07:40:12 WIB